Sabtu, 02 Mei 2009

Uji Kompetensi Semester Genap

Tahun Pelajaran 2008/2009

Program studi : Kimia Industri

Standar Kompetensi : Menerapkan konsep tumbuh kembang tumbuhan dan hewan.

Waktu 90 menit.

Soal terdiri dari

  1. Jelaskan tentang pertumbuhan?
  2. Jelaskan fungsi Auksin?
  3. Jelaskan fungsi Giberelin?
  4. Jelaskan fungsi Sitokinin?
  5. Jelaskan hormon yang merangsang pembentukan organ tubuh?
  6. Mengapa hasil perkecambahan tanaman yang ditempatkan di ruang tertutup dan gelap yang mempunyai ukuran lebih panjang daripada kecambah yang disimpan di tempat terbuka?
  7. Apa yang menyebabkan tanaman mengalami pertambahan besar?
  8. Jelaskan empat faktor luar yang mempengaruhi pertumbuhan?
  9. Mengapa cahaya yang penting untuk proses fotosintesis bagi tumbuhan justru menghambat pertumbuhan?
  10. Mengapa kelembaban mempengaruhi pertumbuhan tanaman?
  11. Jelaskan pembuahan ganda?
  12. Dari penelitian tentang bunga yang dilakukan anak SMK St. Paulus Solo diperoleh data sebagai berikut

a.

bunga tidak bermahkota

b.

serbuk sarinya bergantungan kedudukannya

c.

serbuk sarinya banyak dan ringan

d.

kepala putiknya besar

Dengan data di atas bagaimana kesimpulan tentang penyerbukan bunga tumbuhan yang dimaksud?

13. Lengkapilah tabel di bawah ini

Bunga

Penjelasan

Contoh tumbuhan

Protandri



Protogeni



14. Lengkapilah tabel dibawah ini.

Cara penyebaran

Ciri-ciri biji

Contoh tumbuhan

Anemokori



Hidrokori



15. Terangkan arti etiolasi dan kalin?

16. Terangkan arti poliembrioni, amfimiksis, partenogenesis?

17. Mengapa tumbuhan vanili tidak dapat menyerbuk sendiri?

18. Jelaskan macam-macam reproduksi vegetatif pada tumbuhan dan beri contoh masing-masing dua tumbuhan?

19. Tanaman jagung berumah satu. Jelaskan maksud berumah satu ?

20. Sebutkan tiga fungsi asam traumalin?

Tugas kelas tingkat satu program studi Kimia Industri :

Kumpulkan artikel tentang perkembangbiakan mamalia air.

Satu kelas miniman mengumpulkan 5 (lima) artikel.

Paling lambat dikumpulkan sebelum test biologi diujikan.

Nilai 0 bagi kelas yang tidak mengumpulkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar